Freckles – Ciri, Penyebab, dan Bedanya dengan Flek Hitam

freckles adalah

Freckles adalah bercak kecil berwarna cokelat atau kemerahan yang muncul pada kulit, terutama di area yang terpapar sinar matahari. Sebagian orang menilai freckles sebagai sebuah kekurangan karena dianggap mengganggu penampilan. Sebaliknya, beberapa orang justru melihat freckles sebagai ciri keunikan dan daya tarik tersendiri.

Artikel ini akan membahas apa itu freckles secara lengkap, mulai dari pengertian, ciri, penyebab, hingga cara menghilangkannya. Yuk, simak!

Apa itu Freckles?

Seperti yang telah disinggung, freckles adalah sekumpulan bintik atau bercak yang muncul di permukaan kulit yang sering terkena sinar matahari, seperti wajah. Meski lebih sering ditemukan dengan warna cokelat, freckles juga bisa berwarna kuning, kemerahan, atau bahkan hitam.

Secara medis, freckles adalah kondisi yang umum dan tidak membahayakan. Freckles bisa terjadi pada siapa pun, termasuk anak batita dengan rentang usia 1 – 2 tahun. Meski begitu, freckles memang diketahui lebih sering ditemukan pada individu dengan warna kulit dan rambut yang terang.

Perbedaan Flek Hitam dan Freckles

Karena adanya kemiripan warna dan tampilan pada permukaan kulit, flek hitam dan freckles adalah kondisi yang kerap dianggap sama. Padahal, ada sejumlah perbedaan flek hitam dan freckles, terutama dari segi penyebab dan karakteristik keduanya.

Freckles, umumnya, muncul karena peningkatan produksi melanin sebagai respons terhadap paparan sinar matahari. Di sisi lain, flek hitam dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari berlebihan, perubahan hormon, luka, inflamasi kulit, hingga proses penuaan.

Tidak hanya itu, flek hitam cenderung memiliki bentuk yang lebih besar dengan batas yang tegas. Sebaliknya, freckles biasanya muncul sebagai bintik-bintik kecil dengan batas yang kurang terdefinisi. 

Di sisi lain, flek hitam juga dapat muncul di area tubuh yang jarang terpapar sinar UV, sementara freckles cenderung muncul di area yang sering terpapar matahari, seperti wajah dan lengan.

Penyebab Freckles

Freckles adalah kondisi kulit yang dapat muncul karena berbagai faktor, namun secara umum, kondisi ini sering kali dipicu oleh paparan sinar matahari yang berlebihan dalam jangka panjang.

Penting untuk dicatat bahwa kulit manusia secara alami dilengkapi dengan sel melanosit yang bertanggung jawab untuk memproduksi melanin, pigmen kulit. Saat terpapar sinar UV secara berlebihan, sel melanosit merespons dengan meningkatkan produksi melanin. Hasilnya, warna kulit menjadi lebih cokelat atau freckles sebagai tanggapan terhadap paparan sinar ultraviolet.

Meskipun sinar matahari menjadi penyebab utama freckles, kondisi ini juga dapat sangat dipengaruhi oleh faktor genetik. Orang yang memiliki gen MC1R, khususnya mereka dengan warna kulit terang dan rambut merah, diketahui cenderung lebih rentan terhadap freckles karena produksi pheomelanin yang tinggi dan distribusi eumelanin yang tidak merata.

Ciri-Ciri Freckles

Dilihat dari karakteristiknya, freckles bisa terbagi menjadi dua, yaitu solar lentigines dan ephelides. Kedua jenis ini memiliki ciri-ciri yang berbeda satu sama lain. Berikut adalah gejala dan tanda-tanda dari masing-masing jenis freckles tersebut.

Ciri-Ciri Freckles Solar Lentigines

Freckles solar lentigines adalah jenis pigmentasi kulit yang muncul sebagai respons terhadap paparan sinar matahari dalam jangka panjang dan berkelanjutan. Beberapa gejala dan tanda dari freckles solar lentigines meliputi:

Ciri-Ciri Freckles Ephelides

Di sisi lain, beberapa ciri freckles ephelides yang bisa dikenali antara lain yaitu:

Cara Menghilangkan Freckles

Meski bukan termasuk kondisi yang membahayakan, beberapa orang mungkin menganggap bahwa freckles adalah suatu kekurangan sehingga berupaya untuk menghilangkannya. Secara umum, freckles bisa dihilangkan dengan:

1. Prosedur Kecantikan

Beberapa prosedur kecantikan yang diketahui dapat membantu menghilangkan freckles adalah:

2. Penggunaan Obat-obatan

Selain menjalani beberapa prosedur kecantikan, penderita juga bisa menggunakan obat-obatan tertentu, seperti:

Kapan Sebaiknya Periksa ke Dokter?

Walau tidak membahayakan, penderita sebaiknya perlu memastikan terlebih dulu apakah bintik atau bercak tersebut adalah freckles. Sebab, tampilan freckles sebetulnya mirip dengan sejumlah penyakit kulit serius, termasuk kanker kulit.

Oleh karenanya, penderita disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter apabila freckles yang muncul disertai dengan beberapa gejala, seperti:

Cara Mencegah Freckles

Pada dasarnya, freckles adalah kondisi yang bisa dicegah dengan melakukan sejumlah upaya preventif sejak dini, seperti:

Itu dia penjelasan lengkap mengenai freckles. Nah, apakah di antara kamu ada yang memiliki kondisi ini? Jika iya, apakah kamu termasuk yang menganggap freckles sebagai sebuah insecurity? Atau justru, melihat freckles sebagai suatu pesona? Coba bagikan ceritamu di kolom komentar berikut, ya!

Exit mobile version