cara menghilangkan kerutan di wajah

10+ Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah, Mudah dan Efektif!

Meski terbilang normal, munculnya kerutan di wajah sering kali dapat berpengaruh pada kepercayaan diri seseorang. Dalam hal ini, kamu sebenarnya tidak perlu khawatir karena ada banyak cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa dilakukan, baik secara alami maupun dengan menjalani perawatan khusus di bawah pengawasan dokter spesialis kulit.

Yuk ketahui bagaimana cara menghilangkan kerutan di wajah selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Penyebab Munculnya Kerutan di Wajah

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara menghilangkan kerutan di wajah, ada baiknya jika kamu mengetahui penyebab yang melatarbelakangi kondisi ini. Adapun beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya kerutan di wajah, antara lain:

  • Genetik.
  • Stres.
  • Kebiasaan merokok.
  • Kurang tidur.
  • Paparan polusi.
  • Paparan sinar matahari.
  • Penggunaan kosmetik secara berlebihan.

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah secara Alami

Memang benar bahwa ada beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami dengan cepat yang bisa kamu coba. Meski demikian, karena menggunakan bahan-bahan alami, tingkat kecepatan perawatan ini tentu tidak akan secepat apabila kamu menggunakan prosedur medis.

Langsung saja, berikut adalah beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami dan mudah yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Rutin Menggunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen secara rutin adalah langkah penting dalam merawat kulit dan dapat membantu mengurangi penampilan kerutan di wajah. Hal ini karena sunscreen melindungi kulit dari sinar UV yang merusak kolagen dan elastin, yang menyebabkan kerutan. 

Tak hanya itu, rutin menggunakan sunscreen juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat paparan matahari, menjaga kelembapan kulit, dan melawan penuaan dini. 

2. Menggunakan Skincare dengan Kandungan Retinoid

Retinoid adalah senyawa turunan dari vitamin A yang umumnya digunakan dalam produk perawatan kulit. Retinoid diketahui mampu merangsang produksi kolagen dan meningkatkan regenerasi sel kulit, sehingga menjadi salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa dicoba. 

Namun, penggunaan retinoid perlu disesuaikan dengan jenis kulit dan disarankan untuk digunakan pada malam hari serta diikuti dengan penggunaan tabir surya di pagi hari.

3. Menggunakan Minyak Kelapa

Cara menghilangkan kerutan di wajah berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa kaya akan asam lemak dan antioksidan yang dapat melembapkan kulit, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi penampilan garis-garis halus.

Kandungan vitamin E, sifat antimikroba, dan antiinflamasi yang dimiliki minyak kelapa juga dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan sekaligus mendukung elastisitas kulit. 

4. Pijat Wajah

Siapa sangka bahwa salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah adalah dengan melakukan pijat? Memijat wajah secara teratur diketahui dapat membantu mengurangi kerutan dengan meningkatkan sirkulasi darah, oksigenasi sel, dan mengurangi ketegangan otot wajah.

Di samping itu, pijatan juga dapat merangsang produksi kolagen, yang memperkuat elastisitas kulit, serta mengurangi penumpukan cairan yang dapat menyebabkan pembengkakan dan garis-garis halus. 

5. Mengubah Posisi Tidur

Mengubah posisi tidur, seperti tidur telentang, menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami selanjutnya. Hal ini karena tidur telentang diketahui dapat mengurangi tekanan dan gesekan pada wajah, sehingga menghindari pembentukan lipatan yang memicu timbulnya kerutan.

Sebaliknya, tidur menyamping atau tengkurap diketahui dapat menyebabkan distorsi pada wajah akibat gesekan, tekanan, dan tarikan, yang memperburuk kemunculan kerutan. 

6. Mengonsumsi Probiotik

Cara menghilangkan kerutan di wajah berikutnya adalah dengan mengonsumsi probiotik, seperti yoghurt, yang diketahui dapat membantu menjaga keseimbangan mikrobiota kulit dan meningkatkan kelembapan kulit. 

Selain itu, probiotik juga dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi kolagen, yang dapat membantu mengurangi kemunculan kerutan di wajah. 

7. Batasi Konsumsi Gula

Gula dapat merusak kolagen serta elastin dalam kulit melalui proses glikasi, yang menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan memicu penuaan dini. Dengan mengurangi asupan gula, kamu mengurangi risiko peradangan dan kerusakan struktural kulit, sehingga membantu menjaga elastisitas dan kelembapan kulit, serta menyamarkan tampilan garis-garis halus.

Penerapan cara menghilangkan kerutan di wajah ini juga dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan, dan memberikan penampilan wajah yang lebih muda dan segar.

8. Makan Makanan Sehat

Beberapa makanan, seperti buah beri, ikan berlemak, alpukat, dan sayuran hijau mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi kerutan. 

Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, E, dan beta-karoten juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen. Jadi, dengan menjalani pola makan sehat, ini juga bisa jadi cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami dan mudah.

9. Minum Air Putih

Asupan air yang cukup membantu menjaga kelembapan kulit, memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit, dan menjaga elastisitas kulit. Air putih juga membantu mengeluarkan zat sisa metabolisme dalam tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan mencegah kulit menjadi kering, bersisik, kendur, bahkan terkelupas.

10. Hindari Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang terakhir adalah dengan membatasi konsumsi alkohol dan menghindari kebiasaan merokok. Rokok mengandung zat-zat yang merusak kolagen dan elastin, sementara alkohol dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan dehidrasi. 

Dengan menghindari kedua kebiasaan tersebut, kamu dapat meminimalkan dampak negatifnya pada elastisitas dan kelembapan kulit. Cara ini juga efektif dalam mendukung regenerasi sel kulit, mengurangi penampilan garis-garis halus, dan menciptakan kulit yang lebih sehat dan muda. 

Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Treatment Khusus

Apabila pilihan cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami tidak memberikan hasil yang memuaskan, kamu dapat mempertimbangkan beberapa treatment khusus di bawah pengawasan dokter, seperti:

  • Botoks: Penyuntikan zat ke otot yang menghambat pembentukan kerutan, khususnya pada area seperti di antara alis.
  • Facelift: Prosedur bedah untuk mengencangkan kulit, menghilangkan kelebihan lemak, dan mengurangi kerutan pada wajah dan leher.
  • Filler: Penggunaan bahan untuk mengisi atau mengangkat kulit yang mengalami kerutan.
  • Dermabrasi: Pengangkatan lapisan kulit untuk mengurangi tanda penuaan, termasuk kerutan.
  • Eksfoliasi kimia: Penggunaan larutan kimia untuk mengangkat lapisan kulit atas dan merangsang pertumbuhan kulit baru.
  • Micro-needling: Stimulasi pembentukan kolagen dan elastin melalui prosedur peremajaan wajah untuk mengatasi kerutan dan garis halus.
  • Pelapisan kulit dengan laser: Paparan cahaya terkonsentrasi untuk meminimalkan kerutan dan garis halus.

Itu dia beberapa cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa dilakukan, baik secara mandiri di rumah maupun dengan melakukan perawatan khusus di klinik kecantikan. Pada dasarnya, pencegahan kerutan bisa dilakukan sejak dini, salah satunya yaitu dengan menghindari paparan sinar matahari.

Jadi, pastikan untuk menggunakan tabir surya, baik sunscreen maupun sunblock, secara rutin, ya! Walau sama-sama berfungsi melindungi wajah dari sinar UV, nyatanya ada sejumlah perbedaan sunscreen dan sunblock, sehingga kamu dapat menggunakannya sesuai kondisi dan kebutuhan kulit.

Ingat, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Jadi, tunggu apa lagi? Jangan lupa untuk rutin memakai tabir surya dari sekarang demi meminimalkan risiko kerutan di wajah, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alergi Kosmetik – Ciri-Ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Skin Tone, Cara Menentukan Warna Kulit Agar Tampak Cantik

10 Cara Mendapatkan Glass Skin, Kulit Bening Bercahaya

Begini 12 Cara Meratakan Warna Kulit Wajah Agar Lebih Cerah

15 Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Ampuh secara Alami

Apa itu Hyaluronic Acid? Kenali 10 Manfaatnya untuk Kulit!