7 Cara Mengurangi Hormon Pertumbuhan Bulu yang Bisa Dicoba

cara mengurangi hormon pertumbuhan bulu

Pertumbuhan bulu yang terlalu lebat sering kali dianggap sebagai suatu hal yang dapat mengganggu penampilan, tak hanya pada wanita namun juga pria. Oleh karenanya, banyak yang akhirnya mencari tahu bagaimana cara mengurangi hormon pertumbuhan bulu. Hal ini dilakukan dengan harapan agar bulu yang tumbuh bisa dikelola dengan baik.

Artikel ini akan membahas bagaimana cara mengurangi hormon pertumbuhan bulu yang bisa dilakukan. Yuk, simak!

Penyebab Bulu Badan Lebat

Bulu badan yang lebat atau hirsutisme bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dan penyebabnya dapat bervariasi dari faktor genetik hingga masalah kesehatan tertentu. Berikut adalah beberapa penyebab umum dari pertumbuhan bulu badan yang berlebihan:

Cara Mengurangi Hormon Pertumbuhan Bulu

Hormon pertumbuhan bulu, terutama hormon androgen, diketahui berperan penting dalam pertumbuhan bulu tubuh. Meskipun faktor genetik juga berperan besar, ada beberapa cara mengurangi hormon pertumbuhan bulu pada wanita maupun pria yang dapat dilakukan, antara lain yaitu:

1. Menjalani Pola Makan Sehat

Meski terkesan sepele, pola makan yang sehat dan seimbang dapat memainkan peran penting dalam mengatur hormon dan mencegah pertumbuhan bulu yang berlebihan. Poin penting dalam cara mengurangi hormon pertumbuhan bulu ini adalah dengan memastikan asupan nutrisi harian mencakup protein, lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk keseimbangan hormonal.

Pilih juga makanan anti-inflamasi, seperti buah-buahan, sayuran berdaun hijau, dan biji-bijian utuh dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan pertumbuhan bulu yang berlebihan. Kemudian, batasi konsumsi gula dan karbohidrat olahan yang diketahui mampu memicu peningkatan kadar insulin, sehingga dapat memengaruhi produksi hormon.

2. Mengelola Stres

Stres kronis diketahui dapat meningkatkan produksi hormon androgen, yang berkontribusi pada pertumbuhan bulu berlebihan. Oleh karenanya, kelola stres dengan baik untuk membantu tubuh mengontrol hormon pertumbuhan bulu. 

Pada dasarnya, cara mengurangi hormon pertumbuhan bulu pada wanita maupun pria ini dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Pertama, coba lakukan praktik meditasi dan yoga dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan keseimbangan hormonal.

Pastikan juga untuk berolahraga secara teratur untuk merangsang produksi endorfin, yaitu hormon yang membantu meredakan stres. Kemudian, usahakan untuk tidur dengan cukup setiap malam. Hal ini penting karena kurang tidur diketahui dapat meningkatkan tingkat stres.

3. Berolahraga secara Teratur

Melakukan aktivitas fisik secara teratur tidak hanya mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga dapat memengaruhi keseimbangan hormon. Apabila tertarik dengan cara mengurangi hormon pertumbuhan bulu yang satu ini, ada beberapa jenis olahraga yang diketahui dapat membantu.

Pertama, olahraga aerobik, seperti berlari, bersepeda, atau berenang, diketahui dapat membantu mengurangi tingkat hormon androgen. Selain itu, latihan kekuatan, seperti angkat beban, diketahui juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengontrol berat badan.

4. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan dapat berkontribusi pada resistensi insulin, yang dapat meningkatkan produksi hormon androgen. Maka dari itu, usahakan untuk selalu mengontrol berat badan agar tetap berada dalam angka ideal.

Adapun langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan menghindari konsumsi makanan berlebihan dan pilih makanan sehat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, perhatikan juga ukuran porsi makan dan hindari makan berlebihan untuk mengontrol berat badan.

Kemudian, agar hasilnya lebih maksimal, kombinasikan latihan kardiovaskular dan latihan kekuatan untuk membantu membakar kalori sekaligus meningkatkan metabolisme yang baik untuk penurunan berat badan.

5. Mengonsumsi Vitamin dan Mineral

Asupan nutrisi yang tepat dapat memainkan peran penting dalam mengatur keseimbangan hormonal dan mengurangi pertumbuhan bulu yang berlebihan. Adapun beberapa vitamin dan mineral yang berkaitan dengan keseimbangan hormonal meliputi:

6. Menggunakan Obat Topikal

Beberapa obat topikal diketahui dapat membantu mengurangi pertumbuhan bulu dengan merangsang folikel rambut atau menghambat pertumbuhan rambut. Secara umum, beberapa bahan yang biasanya digunakan dalam obat topikal untuk membantu mengelola hormon pertumbuhan bulu, antara lain yaitu: 

7. Konsultasi dengan Dokter

Jika pertumbuhan bulu yang berlebihan terus berlanjut atau menyebabkan kekhawatiran, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi penanganan medis yang tepat. Dokter dapat melakukan penilaian menyeluruh tentang masalah hormonal, kesehatan kulit, dan riwayat kesehatan umum untuk menentukan pendekatan yang paling tepat.

Jika memilih cara mengurangi hormon pertumbuhan bulu yang satu ini, langkah umum yang biasa dilakukan dokter antara lain yaitu:

Itu dia beberapa cara mengurangi hormon pertumbuhan bulu pada pria maupun wanita yang bisa jadi pilihan. Jika ingin tahu lebih lanjut informasi seputar hair removal, kunjung blog Beauty For untuk menemukan artikel menarik lainnya.

Exit mobile version