cara menghilangkan lingkaran hitam di mata

15 Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Mata, Mudah dan Cepat

Lingkaran hitam di area mata dan kantong mata, atau lebih dikenal sebagai mata panda merupakan hal yang dapat muncul secara alami, terutama akibat faktor penuaan. Meski tidak berbahaya, banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara menghilangkan lingkaran hitam di mata karena alasan penampilan.

Kalau kamu salah satunya, mari simak bagaimana cara menghilangkan lingkaran hitam di mata secara alami dan cepat selengkapnya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam di Mata

Lingkaran hitam di sekitar mata adalah masalah umum yang sering membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Meskipun biasanya tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius, tetapi lingkaran hitam dapat membuat wajah terlihat lelah dan tua. 

Namun jangan khawatir, berikut adalah beberapa cara menghilangkan lingkaran hitam di mata secara alami dan cepat yang bisa dilakukan:

1. Perbaiki Pola Tidur

Salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan lingkaran hitam di sekitar mata adalah kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas. Oleh karenanya, cara menghilangkan lingkaran hitam di mata yang pertama adalah dengan memperbaiki pola tidur dengan memastikan untuk tidur selama 7–9 jam setiap malam.

Tidur yang cukup membantu memperbaiki dan meregenerasi sel-sel kulit, yang dapat mengurangi tampilan lingkaran hitam. Selain itu, cobalah untuk memiliki rutinitas tidur yang konsisten. Tidur pada waktu yang sama setiap malam dapat membantu mengatur jam biologis tubuh dan memastikan tidur yang lebih berkualitas.

2. Tinggikan Posisi Kepala saat Tidur

Cara menghilangkan lingkaran hitam di mata berikutnya adalah dengan meninggikan posisi kepala saat tidur. Mengatur posisi tidur dapat membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata, yang seringkali berkontribusi pada tampilan lingkaran hitam. 

Cobalah untuk tidur dengan kepala sedikit lebih tinggi dengan menggunakan bantal ekstra. Posisi ini dapat mencegah penumpukan cairan di area mata, mengurangi pembengkakan, dan membuat tampilan lingkaran hitam menjadi lebih ringan.

Selain itu, hindari tidur dengan posisi miring yang menyebabkan tekanan berlebih pada satu sisi wajah, karena hal ini dapat memperburuk masalah pembengkakan dan lingkaran hitam.

3. Hindari Kebiasaan Begadang

Kebiasaan begadang dapat mengakibatkan kurangnya waktu istirahat yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, begadang dapat menyebabkan pelepasan hormon stres yang dapat memengaruhi kesehatan kulit. 

Maka dari itu, menghindari kebiasaan begadang termasuk salah satu cara menghilangkan lingkaran hitam di mata yang bisa dilakukan. Cobalah untuk menghindari begadang dan memberikan waktu yang cukup untuk tubuh beristirahat secara alami.

4. Gunakan Kompres Dingin

Kompres dingin adalah cara menghilangkan lingkaran hitam di mata yang juga efektif untuk mengurangi pembengkakan dan meredakan mata lelah. Tempelkan kain bersih yang telah direndam dalam air dingin ke area sekitar mata selama 10–15 menit. 

Kompres dingin membantu menyempitkan pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan memberikan efek segar pada kulit di sekitar mata. Pastikan untuk menggunakan kain yang bersih dan tidak terlalu dingin agar tidak menyebabkan ketidaknyamanan atau iritasi pada kulit.

5. Tempelkan Kantong Teh

Kantong teh bekas dapat menjadi solusi sekaligus cara menghilangkan lingkaran hitam di mata secara alami. Hal ini karena teh mengandung antioksidan dan kafein yang dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. 

Setelah menyeduh teh, biarkan kantong teh dingin selama beberapa saat di lemari es. Kemudian, tempelkan kantong teh dingin ke area mata selama 15–20 menit. Kandungan antioksidan dan kafein dalam teh dapat membantu meredakan mata bengkak dan mengurangi tampilan lingkaran hitam.

6. Gunakan Timun

Selain segar untuk dimakan, timun juga memiliki sifat antiinflamasi dan pencerah kulit. Karena memiliki kandungan air yang tinggi, timun dapat membantu menghidrasi kulit di sekitar mata dan mengurangi pembengkakan. 

Cara menghilangkan lingkaran hitam di mata dengan mentimun sendiri sangat mudah. Potong tipis-tipis sejumlah irisan timun dan letakkan di atas kelopak mata selama 10–15 menit. Kamu bisa melakukan ini setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu. Hasilnya tidak hanya membuat lingkaran hitam berkurang, tetapi juga memberikan sensasi kesegaran pada mata.

7. Oleskan Bahan Alami

Berbagai bahan alami diketahui dapat menjadi cara menghilangkan lingkaran hitam di mata secara alami. Misalnya, campuran madu dan almond oil dapat memberikan kelembapan pada kulit dan mengurangi pigmentasi. Oleskan campuran ini pada area yang terkena, biarkan selama 20–30 menit, lalu bilas dengan air hangat. 

Selain itu, jus lemon yang kaya akan vitamin C juga dapat membantu mencerahkan kulit. Campurkan sedikit jus lemon dengan minyak kelapa dan aplikasikan pada area yang terkena. Namun, pastikan untuk menghindari kontak langsung dengan mata.

Baca juga: Begini 12 Cara Meratakan Warna Kulit Wajah Agar Lebih Cerah

8. Minum Air Putih dengan Cukup

Air putih adalah kunci keberhasilan untuk menjaga kulit tetap sehat. Lebih lanjut, memastikan tubuh terhidrasi dengan baik dapat membantu mengurangi pembengkakan dan membuat kulit terlihat lebih segar. 

Adapun cara menghilangkan lingkaran hitam di mata adalah dengan mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih sehari untuk mendukung kelembapan kulit dan proses detoksifikasi tubuh. Air juga membantu dalam mengeluarkan racun dari tubuh, yang dapat berkontribusi pada munculnya lingkaran hitam di sekitar mata.

9. Batasi Konsumsi Minuman Berkafein dan Beralkohol

Minuman berkafein dan beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi, yang pada akhirnya dapat membuat kulit kering dan terlihat lebih tua. Kedua zat ini juga dapat mengganggu pola tidur, yang menyebabkan peningkatan kemungkinan munculnya lingkaran hitam di mata. 

Oleh karena itu, cara menghilangkan lingkaran hitam di mata berikutnya yaitu dengan membatasil konsumsi kopi, teh berkafein, dan minuman beralkohol. Jika sulit untuk menghentikan sepenuhnya, pastikan untuk membatasi jumlah konsumsi dan mengimbanginya dengan asupan air yang cukup.

10. Cukupi Asupan Kalium

Kalium adalah mineral yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Kekurangan kalium diketahui dapat menyebabkan pembengkakan dan munculnya lingkaran hitam di sekitar mata. Itulah mengapa, mencukupi asupan kalium menjadi salah satu cara menghilangkan lingkaran hitam di mata.

Untuk meningkatkan asupan kalium, tambahkan makanan seperti pisang, alpukat, dan bayam dalam diet sehari-hari. Buah-buahan dan sayuran ini tidak hanya kaya akan kalium, tetapi juga mengandung nutrisi lain yang baik untuk kesehatan kulit.

11. Pakai Krim Khusus Mata

Sesuai namanya, krim khusus mata dirancang khusus untuk merawat area di sekitar mata. Krim ini sering mengandung bahan-bahan seperti retinol, vitamin C, peptida, dan antioksidan lainnya yang dapat membantu menyamarkan lingkaran hitam dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Maka dari itu, salah satu cara menghilangkan lingkaran hitam di mata adalah dengan memakai krim khusus mata secara teratur. Penggunaan krim khusus mata secara teratur diketahui dapat membantu meningkatkan tekstur dan elastisitas kulit di sekitar mata, sehingga mengurangi tampilan lingkaran hitam.

12. Rutin Menggunakan Tabir Surya

Cara menghilangkan lingkaran hitam di mata selanjutnya adalah dengan rutin menggunakan tabir surya. Hal ini karena paparan sinar matahari secara berlebihan dapat meningkatkan produksi melanin di kulit di sekitar mata, yang dapat menyebabkan warna gelap atau hiperpigmentasi

Rutin menggunakan tabir surya setiap hari, bahkan di musim dingin atau saat cuaca mendung, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Penggunaan tabir surya juga dapat membantu mencegah bertambahnya warna gelap di sekitar mata.

13. Dermal Filler

Dermal filler adalah prosedur kosmetik yang digunakan untuk mengisi volume yang hilang di area tertentu di wajah, termasuk di sekitar mata. Lingkaran hitam di sekitar mata sering kali disebabkan oleh kehilangan volume di area tersebut, sehingga penggunaan dermal filler dapat membantu mengurangi tampilan lingkaran hitam dengan mengembalikan volume dan mengisi celah di bawah mata. 

Dermal filler bisa jadi cara menghilangkan lingkaran hitam di mata dengan cepat yang bisa dipilih. Meski begitu, perlu diingat bahwa prosedur ini hanya bisa dilakukan oleh dokter kulit atau ahli bedah plastik yang terlatih.

14. Terapi Laser

Terapi laser adalah prosedur non-invasif yang sering digunakan untuk mengurangi tampilan lingkaran hitam di sekitar mata. Terapi laser dapat membantu mengurangi pigmentasi kulit yang berlebihan, merangsang produksi kolagen, dan meningkatkan tekstur kulit di sekitar mata.

Berbagai jenis laser, seperti laser CO2 fractional atau laser Q-switched Nd:YAG, dapat digunakan tergantung pada kebutuhan individu dan kondisi kulit.

15. Blepharoplasty

Cara menghilangkan lingkaran hitam di mata dengan cepat yang terakhir yaitu melalui prosedur blepharoplasty. Blepharoplasty adalah prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk menghilangkan kelebihan kulit, lemak, atau otot di sekitar mata. 

Proses ini dapat membantu mengurangi tampilan lingkaran hitam yang disebabkan oleh kelopak mata yang kendur atau kantung di bawah mata. Blepharoplasty dapat dilakukan secara atas (upper eyelid blepharoplasty), bawah (lower eyelid blepharoplasty), atau kombinasi dari keduanya, tergantung pada kebutuhan pasien.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan bagaimana cara menghilangkan lingkaran hitam di mata? Perlu diingat, mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata dengan metode alami memerlukan kesabaran dan konsistensi. 

Jadi, jika menginginkan hasil yang lebih cepat, kamu bisa memilih prosedur medis yang sesuai. Meski begitu, penting untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli bedah plastik yang terpercaya untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit.

Dapatkan juga informasi menarik lainnya seputar kecantikan dan perawatan kulit hanya di blog Beauty For!

Baca juga: 7+ Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata dan Penyebabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hiperpigmentasi – Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan

Skin Tag – Gejala, Penyebab, Faktor Risiko, dan Pengobatan

13 Tips Awet Muda yang Mudah untuk Dilakukan, Efektif!

13 Cara Menghilangkan Komedo Putih secara Alami dan Cepat

Ini 9 Cara Melembabkan Kulit Wajah yang Kering secara Alami

Ini 13 Cara Menghilangkan Milia di Mata dengan Mudah dan Aman